Jejak Trauma Personal: Rasa Malu dan Bersalah sebagai Refleksi Masa Lalu dalam Cerpen “Ave Maria”
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mencari pemicu trauma, respons atas trauma, dan bentuk rekonsiliasi trauma yang dialami subjek dalam cerita pendek “Ave Maria”. Oleh karena itu, penelitian ini mendasarkan analisis terhadap cerpen “Ave Maria” dengan menggunakan sudut pandang Cathy Caruth tentang konsep trauma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penulis menyimpulkan bahwa trauma yang dialami subjek, Zulbahri, merupakan peristiwa masa lalu yang kembali membawa luka yang dipicu oleh kehadiran sang adik, Syamsu, yang menginterupsi ruang aman subjek. Selain itu, lagu “Ave Maria” dalam cerpen juga menjadi suatu situs trauma yang mengingatkan subjek akan peristiwa traumatis yang menimbulkan krisis dan kerentanan. Peristiwa trauma yang menghantui subjek kemudian direspons dengan tampilan rasa malu dan rasa bersalah tanpa sadar. Upaya mengatasi trauma dilakukan oleh subjek dengan menjauh dari situs pemicu trauma, mengalihkan pikiran dengan buku, dan membagi cerita dalam ruang aman. Satu upaya mengatasi trauma terakhir yang dipilih subjek adalah ikut barisan jibakutai. Upaya itu tampak ganjil sebab rentan menghadirkan trauma perang terhadap diri subjek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, S. (2017). Art as Narrative: Recounting Trauma through Literature. IRA-International Journal of Management & Social Science, 8(1), 118-123. http://dx.doi.org/10.21013/jmss.v8.n1.p13.
Asri, Z. A. (2020). Bernegosiasi dengan Trauma dalam Novel Breath Eyes Memory Karya Edwidege Danticat. Batra: Bahasa dan Sastra, 6(1), 54-62.
Balaev, M. (2008). Trends in Literary Trauma Theory. Mosaic: An Interdisciplinary Critical Journal, 41(2), 149–166.
Caruth, C. (1993). Violence and Time: Traumatic Survivals. Assemblage, 20. https://doi.org/10.2307/3181682
Caruth, C. (1995). Trauma: Exploration in Memory. Maryland: The Johns Hopkins University Press.
Caruth, C. (1996). Unclaimed Experience: Trauma, Narrative, and History. Maryland: The Johns Hopkins University Press.
Caruth, C., Brochard, R. P., & Tam, B. (2019). “Who Speaks from the Site of Trauma?”: An Interview with Cathy Caruth. Diacritics, 47(2), 48–71. https://doi.org/10.1353/dia.2019.0019
Ceciu, R. (2019). Trauma, Identity, and Culture: An Interdisciplinary and Multicultural Exploration. University of Bucharest Review: Literary and Cultural Studies Series, 9(2), 63–72. https://doi.org/10.31178/UBR.9.2.7
Diop, O. C. (2019). Happiness, the Wound and the Word: Aminatta Forna Joins the Conversation on Trauma. Cambridge Journal of Postcolonial Literary Inquiry, 6(3), 388–399. https://doi.org/10.1017/pli.2019.5
Faruk. (2014). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Foa, E. B., Keane, T. M., Friedman, M. J., & Cohen, J. A. (2009). Effective Treatment for PTSD: Practice Guidlines from the International Society for Traumatic Stress Studies. New York: The Guilford Press.
Forter, G. (2007). Freud, Faulkner, Caruth: Trauma and the Politics of Literary Form. Narrative, 15(3), 259–285. https://doi.org/10.1353/nar.2007.0022
Foucault, M. (1982). The Subject and Power. Critical Inquiry, 8(4), 777-795. http://www.jstor.org/stable/ 1343197
Heidarizadeh, N. (2015). The Significant Role of Trauma in Literature and Psychoanalysis. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 192, 788-795. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.093
Horne, F. (2013). Can Personal Narratives Heal Trauma? A Consideration of Testimonies Given at the South African Truth and Reconciliation Commision. Social Dynamics: A Journal of African Studies, 39(3), 443-456. http://dx.doi.org/10.1080/025339 52.2013.842338
Idrus. (1997). Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma. Jakarta: Balai Pustaka.
Jassin, H. B. (2013). Kesusastraan Indonesia di Masa Jepang. Jakarta: Pustaka Jaya.
Kubany, E. S., & Watson, S. B. (2003). Guilt: Elaboration of a Multidimensional Model. The Psychological Record, 53(1), 51–90.
Miceli, M. & Castelfranchi, C. (2018). Reconsidering the Differences Between Shame and Guilt. Europe’s Journal of Psychology, 14(3), 710–733. https://doi.org/ 10.5964/ejop.v14i3.1564
Nitayadnya, I. W. (2013). Muatan Politik Propaganda Kolonial Jepang dalam Cerpen dan Drama Karya Idrus. Atavisme, 16(2), 215–227. https://doi.org/10.24257/atavisme.v16i2.95.215-227
Ong, K. (2014). Departing towards Survival: Reconsidering the Language of Trauma in Cathy Caruth, Ineborg Bachmann, and W. G. Sebald. Advances in Literary Study, 2(4), 100–112. https://doi.org/10.4236/als.2014.24017
Ramadanovic, P. (2014). The Time of Trauma: Rereading Unclaimed Experience and Testimony. Journal of Literature and Trauma Studies, 3(2), 1–23. https://doi.org/10.1353/jlt.2014.0027
Ratna, N. K. (2008). Postkolonialisme Indonesia Relevansi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sartika, E. (2020). Traumatic Experiences in Eka Kurniawan’s Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, 8(2), 121–138. https://doi.org/10.22146/poetika.v8i2.55895
Sasani, S & Arjmandi, D. (2018). Post-Traumatic People in Paul Auster’s The Book of Illusions from Cathy Caruth’s and Michelle Balaev’s Perspective. K@ta, 20(1), 9-17. https://doi.org/10.9744/kata.20.1.9-17
Shoukat, L., Waheed, S., & Arshad, K. (2020). An Analysis of Personal and Collective Trauma in Khaled Hosseini’s Novel Sea Prayer. 6(2), 117–130. https://doi.org/10.30606/jee.v6i2.457
Supriyadi, H. (2006). Evaluasi Cerpen Ave Maria Karya Idrus dari Dimensi Psikologi Kepribadian. Insan: Media Psikologi, 8(1), 62–71.
Varadnya, Y., & Rosyid, I. (2014). Karya Sastra: Antara Propaganda Pemerintah dan Media Kritik Sastrawan Masa Pendudukan Jepang 1942-1945. Jurnal Seuneubok Lada, 1(1), 91–104.
Wilson, J. P., Drozdek, B., & Turkovis, S. (2006). Postraumatic Shame and Guilt. Trauma, Violence & Abuse, 7(2), 122–141. https://doi.org/10.1177/1524838005285914
Yuliasti, I. (2014). Nilai Pendidikan Antikorupsi dalam Cerpen Jalan Lain ke Roma Karya Idrus dan Skenario Pembelajarannya di Kelas X SMA. Jurnal Bahtera, 14(2), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v17i2.374
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.