PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAMASPEK BERBICARAMELALUI VARIASIMODELPEMBELAJARANDEBAT DENGAN TIME TOKEN

Fahriannor Iswani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sarana termudah untuk
meneliti, menyempurnakan, dan mengevaluasi pengelolaan pembelajaran.
Pembelajaran mempergunakan Variasi Model Debat dengan Time Token ini
dimaksudkan untuk 1. Meningkatkan keaktifan siswa dalam aspek berbicara
2. meningkatkan sifat dan sikap kooperatif siswa dalam belajar 3.
meningkatkan hasil prestasi belajar siswa 4. membuat siswa menikmati
suasana belajar sehingga siswa tidak jenuh. Dipihak guru pun dimaksudkan
agar kebiasaan guru yang otoriter menjadi fasilitator, mengubah kegiatan
pembelajaran ego-involvement menjadi task-involvement sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap dimulai dari tahap menyusun perencanaan,

pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Secara keseluruhan empat
tahap ini membentuk kesatuan siklus (dua siklus). Penelitian dilaksanakan
dalam waktu 3 bulan (Januari—Maret) tahun 2014 di SMAN 3 Kuala
Kapuas, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimanatan Tengah kelas X


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v11i2.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  Laman Bahasa Ristekdikti Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.