Digital Literacy Model through Critical Reading of Hoax News Texts with SQ3R Technique

Zahira Nur Arifah, Muhammad Iqbal Oshmany, Dinda Putri Rahmawati, Danar Dwi Priatna, Rakha Satria, Nurita Bayu Kusmayati

Abstract


The reading literacy level of students is still low, while the level of internet use is high. The higher the use of the internet, the more open the opportunity for students to be consumed by hoax news. Therefore, this research aims to develop a digital literacy model through critical reading of hoax news texts with the SQ3R technique. The research method used is R&D with ADDIE model stages. The population of this study is an A-accredited junior high school in East Jakarta. Phase D students at SMPN 20 Jakarta, SMPN 74 Jakarta, and SMP Diponegoro 1 Jakarta are samples of this research. The instruments used are questionnaires and interviews. Data analysis techniques use Likert scale and rating scale. Based on the analysis of validation data, the average validation percentage score of 89% which is categorized as very feasible to use, but there needs to be improvement according to validators. In addition, data analysis at the evaluation stage resulted in an average score of the percentage of responses from students to the learning model included in the good criteria with a percentage of 82%, while teachers rated the learning model included in the very good/very feasible criteria with a percentage of 91%.


Abstrak


Tingkat literasi membaca peserta didik masih rendah, sedangkan tingkat penggunaan internet tinggi. Semakin tinggi penggunaan internet, semakin membuka peluang peserta didik termakan berita hoaks. Oleh karena itu, riset ini bertujuan mengembangkan sebuah model literasi digital melalui membaca kritis pada teks berita hoaks dengan teknik SQ3R. Metode riset yang digunakan ialah R&D dengan tahapan model ADDIE. Populasi riset ini ialah SMP berakreditasi A di Jakarta Timur. Peserta didik fase D di SMPN 20 Jakarta, SMPN 74 Jakarta, dan SMP Diponegoro 1 Jakarta merupakan sampel riset ini. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan rating scale. Berdasarkan analisis data validasi, rata-rata skor persentase validasi sebesar 89% yang masuk kategori sangat layak digunakan, tetapi perlu ada perbaikan menurut validator. Selain itu, analisis data pada tahap evaluation menghasilkan rata-rata skor persentase respons dari peserta didik terhadap model pembelajaran masuk dalam kriteria baik dengan persentase 82%, sedangkan guru menilai model pembelajaran masuk dalam kriteria sangat baik/sangat layak dengan persentase 91%.


Keywords


critical reading; digital literacy; hoax; news; SQ3R

Full Text:

PDF

References


Afriza, A., & Adisantoso, J. (2018). Metode Klasifikasi Rocchio untuk Analisis Hoax. Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, 5(1), hlm,1-10. https://doi.org/10.29244/jika.5.1.1-10

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2022). https://apjii.or.id/gudang-data/hasil-survei.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy, 6(1), hlm. 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Atep. S, & Dewi, R. (2019). Literasi Digital Abad 21 bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), hlm.1-7. http://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/download/14284/pdf

Cahyono, B. H., Irawati, L., & Candrawati, D. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Rekreasi-Prokreasi dalam Membaca Kritis Teks Eksplanasi di SMK. Indonesian Language Education and Literature hlm. 61-73. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5032

Dalman. (2014). Keterampilam Membaca. Raja Grafindo Persada.

Diniarti, D. R., Turahmat, T., & Oktarina, O. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi Kompleks dengan Model Membaca SQ3R pada Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia hlm. 39-60 https://doi.org/10.30659/j.5.2.39-60

E Ecip, S., Sastro, Y., Sudarjat, E., & Salam, I. A. (2017). Teknik Mencari dan Menulis Berita. Universitas Terbuka.

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, hlm. 1-17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Fatmasari, R.K. & Fitriyah, H. (2018) Keterampilan Membaca. TKIP PGRI Bangkalan. https://stkippgri-bkl.ac.id/buku-keterampilan-membaca/

Gumilar, G., Adiprasetio, J., & Maharani, N (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Indonesian Journal of Community Engagement,1(1). hlm. 35-40. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16275

Hamzah, E.R., & Putri, C.E. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat [Preprint], hlm. 9-12. https://doi.org/10.32509/am.v3i01.1361

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang bangun game edukasi pemilihan Gubernur Jateng berbasis Android dengan Model ADDIE. Transformatika, 16(1), hlm. 91-97. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

JISC. (2017). Developing digital literacies Jisc.

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2012). Understanding digital literacies. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203095317

Kemenkominfo RI. (2023). Triwulan Pertama 2023, Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks. https://www.kominfo.go.id/content/detail/48363/siaran-pers-no50hmkominfo042023-tentang-triwulan-pertama-2023-kominfo-identifikasi-425-isu-hoaks/0/siaran_pers

Khoeriyah, S. F. (2020). Pengembangan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Social, Humanities, and Educational Studies, 3(4), 690. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54378

Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar untuk Masyarakat Pedesaan. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 7(1), hlm. 34–42. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12288

Limaye, R. J., Sauer, M., Ali, J., Bernstein, J., Wahl, B., Barnhill, A., & Labrique, A. (2020). Building Trust while Influencing Online COVID-19 Content in The Social Media World. The Lancet Digital Health, 2(6), hlm. 277–278. https://doi.org/10.1016/s2589-7500(20)30084-4

Muhaji, Suandi, M. I. N., & Putrayasa, M. D. B (2013). Pengaruh Penerapan Metode SQ3R dan Teknik Klose terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2. hlm 1-8. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/download/867/622

Mulyatiningsih. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran. UNY.

Mustappa, W. D. W. (2017). Keberkesanan Teknik Membaca SQ3R dalam Pengajaran Kefahaman Membaca di Sekolah Menengah (The Effectiveness Reading SQ3R Technique in Reading Comprehension Teaching at Secondary School). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 7(1), hlm. 1–10. http://spaj.ukm.my/jpbm/index.php/jpbm/article/download/127/119

Mustofa, H., & Mahfudh, A. A. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Klasifikasi Berita Hoax dengan Menggunakan Metode Naive Bayes. Walisongo Journal of Information Technology, 1(1), hlm. 1-12 . https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.1.3915

Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax di Berbagai Media Sosial dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1). hlm. 479-484. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/184.

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90. hlm. 1-7. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54

Rusmulyani, K. (2020). Study Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara Berbasis Implementasi Model ADDIE. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2). hlm. 1-8. https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.6957

Setiasih, O., Nandi, Rusman, Setiawardani, W., & Yusron, E. (2023). Techno-Pedagogy Model Development: Can Techno-Pedagogy Learning Improve Digital literacy. In Advances in computer science research (pp. 43–55). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-236-1_6

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital melalui Pemanfaatan e-Learning. Jurnal Aspikom, 3(6), hlm. 1200-1214. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Silalahi, D.E. (2022). Literasi digital berbasis Pendidikan. YoGet Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sultan, D. R. (2018). Membaca Kritis Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Baskara Media.

Suwartini, I., & Fujiastuti, A. (2017). Teknik Pembuatan Buku Ajar Membaca Kritis dan Kreatif Berbasis Arcs (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bahastra, 37(2), hlm. 138-147. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i2.7610

Tegeh, I. M. & Kirna, I.M. (2013) Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. J.Ika, 11(1), hlm. 12–26. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Wahyudi, W., & Ds, M. R. (2017). Urgensi Mempelajari Psikolinguistik Terhadap Pembelajaran Bahasa. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 17(1), hlm. 113–140. https://doi.org/10.32939/islamika.v17i1.202




DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v19i1.14670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  Laman Bahasa Ristekdikti Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.