Konstruksi Pemikiran-Pemikiran Anies Baswedan dalam Menangani Pandemi Covid-19

Anggik Budi Prasetiyo, NFN Sukarno

Abstract


Everyone can have different thoughts in solving a problem, including Anies Baswedan (AB) when dealing with the Covid-19 pandemic, especially in DKI Jakarta. This study aims to reveal AB's thoughts on dealing with pandemics constructed by several online media. The research data are in the form of words, phrases, and sentence fragments which are indicated to contain AB's thoughts as the Governor of DKI Jakarta. The datawere collected from news about the handling of Covid-19 in several online media published in July–September 2021. The collected data were analyzed using a critical discourse analysis approach of the Fairclough model to reveal the language features used by the media in constructing AB thinking. The results of this study indicate that (1) AB has thoughts that tend to prioritize issues of safety and welfare for the citizens of DKI Jakarta; (2) these thoughts can be interpreted as a reflection that AB is the right person and is skilled in handling the Covid-19 pandemic in DKI Jakarta; (3) apart from that, AB's thoughts constructed by the media can also be interpreted as AB's attempt to build the impression of a 'pro-people governor'.


Abstrak


Setiap orang dapat memiliki pemikiran yang berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah, termasuk Anies Baswedan (AB) ketika menangani pandemi Covid-19 di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan mengungkap pemikiran-pemikiran AB dalam menangani pandemi yang dikonstruksi oleh beberapa media daring nasional. Data penelitian berupa kata, frasa, dan penggalan kalimat yang diindikasikan mengandung pemikiran AB selaku Gubernur DKI Jakarta dalam menangani pandemi. Data tersebut dikumpulkan dari delapan wacana berita tentang penanganan Covid-19 di beberapa media daring yang terbit pada bulan Juli—September 2021. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan analisis wacana kritis model Fairclough guna menyingkap fitur-fitur bahasa yang digunakan oleh media dalam mengonstruksi pemikiran AB. Analisis menunjukkan bahwa (1) AB dikonstruksi memiliki pemikiran yang cenderung mengedepankan masalah keselamatan dan kesejahteraan bagi warga DKI Jakarta; (2) konstruksi pemikiran-pemikiran tersebut dapat ditafsirkan sebagai cerminan bahwa AB digambarkan sebagai seseorang yang tepat dan piawai dalam menangani pandemi Covid-19 di DKI Jakarta; dan (3) pemikiran AB yang dikonstruksi oleh media juga dapat ditafsirkan sebagai upaya AB untuk membangun kesan “gubernur yang berpihak kepada rakyat”.


Keywords


construction; online media; pandemic; thinking

Full Text:

PDF

References


Albaburrahim. (2017). Analisis Wacana Kritis pada Pemberitan Kasus Papa Minta Saham di Metro TV. Jurnal Lingua Franca. 5(2), 1-12. https://doi.org/10.30651/lf.v1i2.552

Annas, A. dan Fitriawan, R. A. (2018). Media dan Kekerasan: Analisis Norman Fairclough terhadap Pemberitaan Tarung Gladiator. Jurnal Sospol, 4 (1), 37-54. https://doi.org/10.22219/sospol.v4i1.5224

Ar, M. (2015). Language and Ideology in Text on Globalization: An Critical Discourse Analysis. International Journal of English Linguistics, 15(2), 63-77. https://doi.org/10.5539/ijel.v5n2p63

Bagja, K. (2021). “Jurus Anies Baswedan Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di DKI Jakarta”. Okezone.com. 22 September 2021. https://megapolitan.okezone.com/read/2021/09/22/338/2475407/jurus-anies-baswedan-antisipasi-gelombang-ketiga-covid-19-di-dki-jakarta

BBC News Indonesia. (2021). “Anies Baswedan: Jakarta Terapkan Kembali PSBB seperti di Awal Pandemi, ‘Rem Darurat Harus Kita Tarik’”. BBC News. 09 September 2021. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-54088411.

Berger, P. L. dan Luckman, T. (1979). The Social Contruction of Reality: A Treatise in the Sociological of Knowledge. Great Britain: Penguin Books.

Boer, K. M., Pratiwi, M. R., dan Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah terkait Covid-19 di Media Online. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4 (1), 85-104. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277

Cenderamata, R. C., & Darmayanti, N. (2019). Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Pemberitaan Selebriti di Media Daring. Jurnal Literasi, 3(1), 1-8.

CNN Indonesia. (2021). “Gibran Puji Cara Anies Tangani Covid-19 di Jakarta”. CNN Indonesia. 15 September 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210915174556-20-694871/gibran-puji-cara-anies-tangani-covid-19-di-jakarta.

Fairclough, N. (1992). Discourse and Social Change. Cambridge: Polity Press.

Fairclough, N. (1996). Language and Power. London and New York: Longman.

Hapsari, M. A. (2021). “Pemprov DKI: PPKM dilonggarka, Jangan Jadi Euforia”. Kompas.com. 07 September 2021. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/09/07/14014381/pemprov-dki-ppkm-dilonggarkan-jangan-jadi-euforia.

Harared, N., dan Iriyansyah, M. R. (2021). Karakteristik Berita Media Daring di Era Pandemi Covid-19: Analisis Wacana Kritis Makro-Semantik Van Dijk. Genta Bahtera: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, 7 (1), 1-20. https://doi.org/10.47269/gb.v7i1.131

Hasanah, A., & Mardikantoro, H. B. (2017). Konstruksi Realitas Seratus Hari Pertama Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di Media Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough. Seloka, 6(3), 233-243.

Kovach, B. dan Rosentiel, T. (2006). Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Yayasan Pantau.

Lado, C. R. (2014). Analisis Wacana Kritis Program Mata Najwa Balada Perda” di Metro TV”. Journal E-Komunikasi, 2(2), 1-12.

Megawati, E., Hapsari, S. N., & Megawanti, P. (2021). Konstruksi Realitas Berita Anies Baswedan dan PSBB di Harian Tempo.co. Deiksis, 13(2), 145-158. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.8214

Nasaiban, L. (2003). Psikologi Jung: Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses dalam Hidup; Tepi Kebijaksanaan Jung. Jakarta: PT Grasindo.

Nugroho, A. S. (2012). Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan-Iklan Pajak dalam Pembentukan Realitas pada Kehidupan Masyarakat. Ranah, 1(1), 56-70. https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.18

Nurhayati, H. dan Yoedtadi, M. G. (2020).

Konstruksi Berita Covid-19 di Kompas.com dan Tribunnews.com. Koneksi, 4 (2), 243-250. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8114

Prasetiyo, A. B. (2022). Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 50-62. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5530

Prayoga, R. (2021). “Ini Kata Anies Soal Kunci Sukses Penanganan Pandemi Covid-19”. Antara News. 14 September 2021. https://www.antaranews.com/berita/2392189/ini-kata-anies-soal-kunci-sukses-penanganan-pandemi-covid-19.

Ramadhan, Z. M. (2021) “Kasus Covid-9 di Jakarta Turun, Ini Langkah Anies”. Republika.co.id. 30 Agustus 2021. https://republika.co.id/berita/qynbcc396/kasus-covid19-di-jakarta-turun-ini-langkah-anies.

Saleh, R. (2020). Analisis Wacana Kritis “Hukuman Salah Alamat” pada Acara Mata Najwa. Suar Bétang, 15(2), 181-197. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i2.205

Saputra, A. (2021). “Cara Anies Baswedan Minimalisir Penyebaran Virus Corona di Pengungsian Banjir”. Health Grid. 22 September 2021. https://health.grid.id/read/352348625/cara-anies-baswedan-minimalisir-penyebaran-virus-corona-di-pengungsian-banjir?page=all.

Setiarini, N. I. P. (2015). Dongeng The Whitches dan Terjemahannya Rumah Para Penyihir: Sebuah Analisis Wacana Kritis. UNS Journal of Language Studies, 4(1), 28-40. https://doi.org/10.20961/prasasti.v4i1.1354

Sudaryanto. (2003). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sukarno dan Amurwani, P. P. (2019). Konstruksi Mendukung dan Mengkritisi Realitas Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan oleh Beberapa Media Online. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3 (2), 140-164. https://doi.org/10.14421/ajbs.2019.03201

Supriyadi & Zulaeha, I. (2017). Dimensi Ekonomi, Politik, dan Ideologi pada Artikel-Artikel di Media Massa Cetak Jawa Pos dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis. Seloka, 6(1), 1-14.

Syartanti, N. I. (2021). Analisis Wacana Kritis pada Judul Berita Terkait Istilah Covid-19 dalam Media Massa Daring. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA), 1(1), 140-148.

Syarifuddinn, M. (2020). Analisis Sentimen Opini Publik terhadap efek PSBB pada Twitter dengan Algoritma Decision Tree, KNN, dan Naive Bayes. Inti Nusa Mandiri, 15(1), 87-94.

Wiryono, S. (2021). “Cara Anies Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di Jakarta. Kompas.com. 22 September 2021. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/09/22/20234781/cara-anies-antisipasi-gelombang-ketiga-covid-19-di-jakarta?page=all.




DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v17i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  Laman Bahasa Ristekdikti Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.